Teknik Penilaian Keterampilan Kinerja Berdasarkan Kurikulum 2013


Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja adalah penilaian untuk mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses dan/atau hasil (produk). Dengan demikian, aspek yang dinilai dalam penilaian kinerja adalah kualitas proses mengerjakan/melakukan suatu tugas atau kulaitas produknya atau kedua-duanya. Contoh keterampilan proses adalah keterampilan melakukan tugas/tindakan dengan menggunakan alat dan/atau bahan dengan prosedur kerja kerja tertentu, sementara produk adalah sesuatu (bisanya barang) yang dihasilkan dari penyelesaian sebuah tugas.
Contoh penilaian kinerja yang menekankan aspek proses adalah berpidato, membaca karya sastra, menggunakan peralatan laboratorium sesuai keperluan, memainkan alat musik, bermain bola, bermain tenis, berenang, koreografi, dan dansa. Contoh penilaian kinerja yang mengutamakan aspek produk adalah membuat gambar grafik, menyusun karangan, dan menyulam. Contoh penilaian kinerja yang mempertimbangkan baik  proses maupun produk adalah memasak nasi goreng dan memanggang roti.
Langkah-langkah umum penilaian kinerja adalah:
a)    menyusun kisi-kisi;
b)   mengembangkan/menyusun tugas yang dilengkapi dengan langkah-langkah, bahan, dan alat;
c)    menyusun rubrik penskoran dengan memperhatikan aspek-aspek yang perlu dinilai;
d)    melaksanakan penilaian dengan mengamati siswa selama proses penyelesaian tugas dan/atau menilai produk akhirnya berdasarkan rubrik; dan
e)    mengolah hasil penilaian dan melakukan tindak lanjut.


Berikut ini contoh kisi-kisi penilaian kinerja, soal/tugas,  pedoman penskoran, dan rubrik penilaian kinerja. Sahabat bisa mendownloadnya.

DOWNLOAD disini

Sumber : Kemdikbud


No comments:

Post a Comment